Rabu, 04 Desember 2013

MENGOBATI ASAM URAT



Mengobati asam urat













Penyakit asam urat (gout) adalah penyakit yang diakibatkan kelebihan kadar asam urat (purin) sehingga menumpuk pada persendian tulang. Penumpukan tersebut menimbulkan nyeri yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Dalam artikel ini kita akan membahas apa bagaimana mengobati asam urat serta hal penting lainnya dalam mengobati asam urat.



Asam urat adalah sejenis asam yang berbentuk kristal yang dihasilkan akibat proses metabolisme purin yang banyak terdapat pada makanan seperti sayur, buah, kacang-kacangan, daging, jeroan, dan ikan sarden. Asam urat ini kadarnya tidak boleh melebihi batas, karena kelebihan asam urat akan menimbulkan gangguan.



Jenis-jenis makanan yang diketahui bisa meningkatkan kadar asam urat diantaranya: Minuman beralkohol, ikan hearing, telur, dan jeroan seperti hati, jantung, babat, dan limfa. Mengkonsumsi makanan tersebut akan menghasilkan banyak sisa asam urat di dalam darah yang berbentuk butiran dan mengumpul di sekitar sendi sehingga menimbulkan rasa sangat sakit.

Kadar Asam Urat Normal

Kadar Asam Urat Normal
Pria: berkisar 3,5 – 7 mg/dl
Wanita: 2,6 – 6 mg/dl.

Gangguan terjadi apabila kadar asam urat diatas normal

Gejala Penyakit Asam Urat

Gejala khas dari serangan artritis gout adalah serangan
-pembengkakan,
-kemerahan,
-nyeri hebat, panas dan
-gangguan gerak dari sendi yang terserang

Gejala ini bisa terjadi mendadak dan ketika kambuh penderita akan merasakan sangat kesakitan bahkan jika tubuhnya hanya terkena hembusan angin atau pun selimut.

Tahapan Penyakit Asam Urat
Pertama, serangan awal, biasanya akan hilang sendiri atau dengan dipijat atau diurut mereda seakan-akan sembuh dan memiliki jeda setahun bahkan sepuluh tahun sampai ke tahap kedua terjadi.
Kedua, penderita sering kambuh yang jarak antara seranganannya makin lama makin dekat dan lama serta jumlah sendi yang terserang makin banyak.
Ketiga, Penderita sudah menderita sakit selama sepuluh tahun atau lebih. Kalau sudah pada tahap ini akan terjadi benjolan-benjolan di sekitar sendi yang sering meradang yang namanya tofus.

Orang yang berisiko terkena Asam Urat

1.Pola makan sembarangan
2.Kegemukan, dan
3.Faktor genetis seperti suku bangsa.

Komplikasi Penyakit Asam Urat
Gagal Ginjal / Batu Ginjal
Jika asam urat tinggi dalam darah, maka akan merusak organ-organ tubuh, terutama ginjal, karena saringannya akan tersumbat yang memicu munculnya batu ginjal, atau akhirnya bisa mengakibatkan gagal ginjal.
Jantung Koroner
Kristal asam urat dapat merusak lapisan bagian dalam pembuluh darah koroner pada jantung.

Pengaturan Pola Makan Sehat

Untuk mengobati asam urat, kurangi atau hindari memakan makanan mengandung purin sebagai berikut:
-Hati, ginjal, otak, jantung, paru, jeroan lainnya, udang, remis, kerang, sardin, herring, abon, dendeng,tape,alkohol serta makanan dalam kaleng.
-Ikan, daging sapi, kerang-kerangan, kacang-kacangan kering, kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur, daun singkong, daun pepaya, kangkung.
-Keju, susu, telur, sayuran lain, buah-buahan.
-Membatasi diri mengkonsumsi lemak
-Banyak minum air putih.

Terapi Bekam untuk Mengobati Asam Urat


Untuk mengobati asam urat, maka dapat dilakukan terapi bekam. Terapi ini dilakukan dengan cara mengeluarkan darah kotor pada titik-titik yang berkaitan dengan sendi atau lokasi yang sakit. Titik ini disedot menggunakan alat bekam dan darah kotor nya dikeluarkan. Pengeluaran darah kotor tersebut akan mempercepat kesembuhan dari penyakit asam urat.

Terapi untuk mengobati asam urat dilakukan seminggu sekali sampai gangguan tersebut mereda dan setelah itu dapat dilakukan maintenance saja sebulan duabulan sekali.

Terapi untuk mengobati asam urat disertai dengan menjaga pola makan rendah purin.

Kelebihan terapi bekam dalam mengobati asam urat dibandingkan pengobatan kimia adalah dengan terapi bekam orang yang punya keluhan asam urat bisa langsung merasakan khasiatnya seketika setelah selesai dibekam. Mereka yang tadinya pergelangan kakinya kaku atau sakit untuk digerakkan, begitu selesai dibekam langsung merasa enak, dan badan terasa ringan dan nyaman. Inilah salah satu kehebatan sunnah Rosul yang luar biasa. Bagi Anda yang punya keluhan asam urat, segeralah lakukan bekam untuk kesehatan jangka panjang dan untuk mengobati asam urat, usahakan hindari konusmsi obat kimia.

TERAPI  LINTAH UNTUK MENGOBATI ASAM URAT

Lintah saat menggigit mengeluarkan air liur yang mengandung beberapa enzim yang sangat bermanfaat untuk mengeluarkan atau melarutkan asam urat yang menimbun didalam persendian 



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar